Senin, 13 Januari 2014

KEKUATAN PERUBAHAN



Sebagian besar dari kita bertanya bagaimana mengubah paradigm agar menjadi kelihatan berubah dalam perspektif yang lebih positif. Ada beberapa strategi yang akan membantu anda berubah menjadi lebih baik. Mari kita mencoba gunakan metode ini “EKSPLORASI”.
            Tanyakan kepada diri sendiri pertanyaan penyelidikan berikut ini. Pikirkan pengalaman hidup dan tulislah jawaban anda.
1.      Kapan merasakan kesenangan perubahan dalam hidup??
2.      Apa perubahan yang membuat anda bahagya??
3.      Apa yang dapat anda pelajari dari perubahan??
4.      Apa emosi yang digunakan untuk meng-Ekspresikan bagaimana Anda merasakan sebelumnya,selama, dan sesudah perubahan??
5.      Sekarang pikirkan ketika perubahan sangat negative dan anda menanganinya dengan buruk. Apa yang anda rasakan ketika menghadapi perubahan yang buruk??
6.      Apa kondisi yang membuat perubahan sulit dilaksanakan??
7.      Apa emosi terbaik yang mengungkapkan perasaan Anda secara keseluruhan??
8.      Bagaimana anda menghadapi perubahan??
Bandingkan tanggapan terhadap perubahan positif dengan tanggapan terhadap perubahan negative. Sekarang tanyakan kepada diri sendiri bagaimana Anda dapat menangani perubahan yang kritis dengan lebih efektif sehingga mirip seperti perubahan positif yang Anda alami. Jawaban seperti “Saya tidak punya pilihan lain”, “Saya kasihan kepada orang lain”, dan “Itu kesalahan orang lain” tidak dapat diterima. Coba dan temukan cara kreatif untuk menangani situasi demikian.
Tanyakann kepada diri sendiri apa tanggapan emosi yang dapat Anda berikan untuk membantu mendapatkan hasil yang terbaik dalam mensikapi terhadap perubahan. Manakah yang akan Anda gunakan nanti ketika menghadapi perubahan yang kritis?
Anda akan menanamkan citra positif perubahan dalam pemikiran dengan melakukan hal berikut ini:
Langkah
1.      Pikirkan perubahan sebagai teman, bukan sebagai musuh. Tuliskan semua alasan kenapa perubahan harus menjadi menu santapan harian dalam pengembangan pribadi. Perubahan juuga berarti menjadi lebih baik.
2.      Pikirkan sesuatu atau seseorang yang Anda hargai dalam hidup dan apa perubahan yang punya makna terhadap anda.
3.      Ketika Anda menganggap perubahan sebagai teman, pada saat yang sama asosiasikan perubahan dengan orang atau sesuatu yang paling anda hargai dalam hidup.
4.      Pilih emosi yang paling sesuai untuk sahabat - perubahan – dan orang yang paling Anda hargai. Sekarang bubuhkan perasaan kepadanya. Setiap kali anda terpanggil melakukan perubahan atau mempelopori perubahan, berikan citra ini di benak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar