28
November 2012
SILABUS
Kelas VI
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
TEMA: Kesehatan Masyarakat
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
1.
PPKn
Menunjukkan perilaku rela berkorban dalam keluarga,
sekolah dan lingkungan
|
·
Membuat daftar tentang masalah sosial yang berkaitan dengan kesehatan
lingkungan (kepadatan penduduk, sanitasi, penyakit menular, polusi)
·
membuat kliping tentang masalah sosial yang berkaitan dengan kesehatan
lingkungan (kepadatan penduduk, sanitasi, penyakit menular, polusi) (bahasa)
·
Mengetahui masalah sosial yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan (kepadatan penduduk,
sanitasi, penyakit menular, polusi) melalui diskusi kelompok
·
Berperilaku peduli apabila terjadi masalah kesehatan di sekitarnya
|
Minggu I
· Mempelajari konsep jenis dan macam penyakit
(Jenis penyakit : 1) Menular : Panu, kadas, Kurap, Bisul, Muntaber, TBC.,
Hevatitis, HIV, 2) Tidak menular : Jantung, Kanker, Asma).
· Mempelajari macam-macam zat adiktif (
Amfetamin, Amobarbital, Flunitrazepam, Diahepam, Bromazepam, Fenobarbital, .
Minuman Beralkohol / Minuman Keras / Miras, Tembakau / Rokok / Lisong, ,
Halusinogen, Bahan , Pelarut seperti bensin, tiner, lem, cat, solvent, dll
· Menjelaskan pengaruh zat-zat aditif terhadap kesehatan
· Mencari informasi dengan
mengumpulkan data tentang jenis-jenis penyakit beserta jumlah penderita dan
pengunjung dari sumber Puskesmas terdekat atau sumber yang lain
· Mencari informasi masalah sosial yang berhubungan
dengan kesehatan lingkungan (kepadatan penduduk, sanitasi, penyakit menular,
polusi)
· Mencari informasi dengan
mengumpulkan data tentang berbagai jenis informasi (banyaknya: kepala
keluarga, penderita berbagai penyakit, anak lahir dalam suatu kurun waktu,
orang meninggal, dsb)
· Mendiskusikan adab menghadapi orang sakit.
· Mempelajari cara membacakan doa untuk orang sakit
agar diberi kesehatan, keselamatan dunia akhirat.
· Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas
fisik seperti: Melakukan lari santai jogging, Melakukan gerakan senam
kebugaran jasmani
Minggu II
· Menyimak isi berita secara cermat dari televisi/radio
· Menyerap informasi dari berita
· mendiskusikan berita yang didengar
· menuliskan pokok-pokok berita yang didengar
· mengembangkan pokok-pokok berita menjadi sebuah
cerita yang runtut.
· Mencari informasi dengan
mengumpulkan data tentang berbagai jenis informasi (banyaknya: kepala
keluarga, penderita berbagai penyakit, anak lahir dalam suatu kurun waktu,
orang meninggal, dsb)
· Menyajikan data yang
diperoleh dengan tabel
· Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas
fisik seperti: Melakukan lari santai jogging, Melakukan gerakan senam
kebugaran jasmani
Minggu III
· Mencari informasi dengan
mengumpulkan data tentang berbagai jenis informasi (banyaknya: kepala
keluarga, penderita berbagai penyakit, anak lahir dalam suatu kurun waktu,
orang meninggal, dsb)
· Menyajikan data yang
diperoleh dengan grafik
· membacakan tentang berbagai peristiwa
· mencatat pokok-pokok isi teks
· menulis kalimat utama
· mendikusikan isi
teks
· menyimpulkan isi teks
· menuliskan rangkuman isi percakapan
· menyimak pidato/sambutan
· mencatat
hal-hal pokok isi pidato
· menyimpulkan isi pidato.
· mengungkapkan kembali isi pokok pidato
· mengidentifikasi bagian-bagian pidato
· menyusun kerangka pidato
· mengembangkan naskah pidato
· merevisi naskah pidato
· Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas
fisik seperti: Melakukan lari santai jogging Melakukan gerakan senam
kebugaran jasmani
Minggu lV
· melaksanakan tugas guru untuk mencari
majalah/koran tertentu
· mencatat pokok-pokok isi pesan
· mencerap informasi
· mencatat hal-hal penting dalam infomasi
· mendiskusikan
hasil baca/simakan
· menjelaskan kembali hasil diskusi
· menyampaikan isi pesan/informasi yang diperoleh
dari berbagai media
· mengaitkan hasil baca dengan konteks kekinian.
· melakukan uji coba tentang temuan informasi yang
dapat dimanfaatkan untuk wirausaha atau lingkungan hidup. Misalnya informasi tentang pengolahan
sampah menjadi kompos.
· Mempelajari konsep variasi dan kombinasi (gerak
dasar jalan, lari, lompat, dan lempar).
· Bermain berjalan, lari, melompat, dan melempar ke
arah sasaran), dilakukan perorangan berpasangan, dan kelpmpok
· Menghitung rata-rata,
median, dan modus dari data yang telah dikumpulkan
· Menaksirkan informasi berdasarkan rata-rata, median,
dan modus
Minggu V
· Menghitung rata-rata,
median, dan modus dari data yang telah dikumpulkan berkaitan dengan
jenis-jenis penyakit beserta jumlah penderitanya dan pengunjung dari sumber
Puskesmas terdekat
· Menaksirkan informasi berdasarkan rata-rata, median,
dan modus tentang jenis-jenis penyakit beserta jumlah penderitanya dan
pengunjung dari sumber Puskesmas terdekat
· Meramalkan perkembangan
penderita penyakit dan fakta yang lain
· Melakukan pencegahan penyakit menular (Menjaga
kebersihan diri dan lingkungan)
· Melakukan pencegahan penyakit tidak menular (Pola
hidup sehat : makanan, istirahat, dan olahraga)
· Mempelajari bermacam-macam zat adiktif (
Amfetamin, Amobarbital,
Flunitrazepam, Diahepam, Bromazepam,
Fenobarbital, . Minuman Beralkohol / Minuman Keras / Miras, Tembakau / Rokok
/ Lisong, , Halusinogen, Bahan , Pelarut seperti bensin, tiner, lem, cat,
solvent, dll
· Mempelajari konsep zat adiktif adalah obat serta bahan-bahan aktif yang
apabila dikonsumsi oleh organisme hidup dapat menyebabkan kerja biologi serta
menimbulkan ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan dan berefek
ingin menggunakannya secara terus-menerus yang jika dihentikan dapat memberi
efek lelah luar biasa atau rasa sakit luar biasa.
· Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas
fisik seperti: Melakukan lari santai jogging, Melakukan gerakan senam
kebugaran jasmani
Minggu VI
· Mengukur berat badan
teman-temannya
· Mengukur tinggi badan teman-temannya
· Menyajikan
tinggi dan berat atas hasil pengukuran
· Membandingkan antara
berat dan tinggi badan setiap temannya
· Menyebutkankan konsep Narkotika adalah suatu obat
atau zat alami, sintetis maupun sintetis yang dapat menyebabkan turunnya
kesadaran, menghilangkan atau mengurangi hilang rasa atau nyeri dan perubahan
kesadaran yang menimbulkan ketergantungna akan zat tersebut secara terus
menerus. Menyebutkankan macam-macam narkotika yang terkenal adalah seperti
ganja, heroin, kokain, morfin, amfetamin, dan lain-lain.
· Menyebutkan cara menghindar dari zat Adiktif
dan Narkotik
· Menyebutkankan konsep variasi dan kombinasi
(gerak dasar loko motor, non loko motor, dan manipulatif).
· Bermain dengan menggunakan gerak dasar berjalan,
lari, melompat, dan melmpar arah sasaran), dilakukan perorangan berpasangan,
dan kelpmpok
Minggu VII
· Menjelaskan kriteria
berat ideal
· Menjelaskan penggunaan
rumus kriteria berat ideal
· Menentukan ideal tidaknya
sesorang setelah mengetahui tinggi dan beratnya
· Menjelaskan resiko dari
berat yang tidak ideal
· Mendiskusikan masalah penyakit yang banyak
diderita oleh masyarakat sekitar meliputi penyebab, penyembuhan, dan
pencegahannya
· Mendiskusikan masalah sosial meliputi penyebab,
pemecahan masalah, dan solusinya
· Membuat
simpulan tertulis individual/kelompok
· Mempelajari konsep kebugaran, bahwa kebugaran
jasmani merupakan kemampuan seseorang melakukan kerja sehari-hari secara
efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih menikmati waktu
luangnya.
· Mempelajari komponen kebugaran yang berkaitan
dengan kesehatan : 1). Kebugaran jantung, paru-paru, dan peredaran darah 2).
Lemak tubuh. 3). Kekuatan otot. 4).
Kelenturan.
· Mempelajari konsep variasi dan kombinasi (gerak
dasar, kuda-kuda silang, kuda-kuda tengah, pukulan, dan tangkisan).
Bermain dengan menggunakan gerak dasar, kuda-kuda
silang, kuda-kuda tengah, pukulan, dan tangkisan ), dilakukan perorangan
berpasangan, dan kelpmpok.
Minggu VIII
· Mempelajari bahan dan alat make up yang layak digunakan
· Mengidentifikasi langkah-langkah dalam merawat
busana tari
· Mempelajari tes kebugaran jasmani Indonesia
(TKJI) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) usia 6-12 tahun terdapat butir-butir
tes diantaranya adalah: a) lari 30 meter, b) baring duduk 30 detik, c) angkat
tubuh 30 detik, d) loncat tegak, dan e) lari 600 meter untuk umur 6-9 tahun
putra dan putri, serta a) lari 40 meter, b) baring duduk 30 detik, c) angkat
tubuh 30 detik, d) loncat tegak, dan e) lari 600 meter untuk umur 10-12 tahun
putra dan putri. Tes tersebut harus dilaksanakan dalam satu satuan waktu
tanpa terputus dan tidak dapat dilaksanakan secara bertahap, jenis tes ini
dapat dipilih salah satu yang dapat dilaksanakan di sekolah.
Contoh tes kebugaran untuk
umur 10-12 tahun putra dan putr, dengan lari:
600 meter untuk daya tahan jantung, .
Hasil yang dicatat adalah
waktu yang ditempuh pelari dengan jarak 600 M dalam satuan menit dan detik.
· Menyajikan data hasil tes kebugaran jasmani
· Menghitung rata-rata, median, dan modus dari
· Menafsirkan data hasil tes kebugaran jasmani
· Mengidentifikasi jenis-jenis gambar poster
· Membuat rancangan poster dengan tema tentang
pencernaan dan peredaran darah
· Membuat poster tentang pernafasan
· Mengidentifikasi teknik pernapasan dalam
bernyanyi
· Berlatih teknik bernyanyi dengan teknik
pernafasan
· Bernyanyi dengan teknik pernapasan yang baik
· Mengidentifikasi bahan dan alat make-up rias tari
yang layak dan tidak digunakan
· Merawat
busana tari sesudah dan sebelum digunakan
· Mempresentasikan hasil gambar yang dibuat
· Mendiskusikan perubahan bentuk energi dan
pemanfaatannya dalam kehidupan.
· Mengidentifikasi jenis-jenis energi
· Menggolongkan
energi berdasarkan jenis
· Membuat bagan sirkulasi energi
· Mempelajari konsep teknik dasar renang gaya bebas
(gerakan tungkai, gerakan lengan, pernafasan dan koordinasi gerakan.
· Melakukan gerakan tungkai renang gaya bebas,
dipinggir kolam, kedua lengan dipegang
teman, kedua lengan memegang papan pelampung, dan kedua lengan lurus di depan
badan, posisi badan telungkup, dilakukan perorangan, berpasangan, dan
berkelompok.
· Melakukan gerakan lengan renang gaya bebas
dipinggir kolam, kedua kaki dipegang teman, kedua paha menggepit papan
pelampung posisi badan telungkup ,dilakukan perorangan, berpasangan, dan
berkelompok
· Melakukan gerakan pernafasan renang gaya bebas
dipinggir kolam, kedua kaki dipegang
teman, dilakukan perorangan, berpasangan, dan berkelompok
· Melakukan gerakan koordinasi renang gaya bebas
(gerakan kaki, lengan dan pernafasan)
|
·
Media gambar,
·
LKS, lingkungan,
·
Buku teks,
·
cerita rakyat,
·
nara sumber,
·
koran
·
majalah,
·
internet
·
informasi dari desa/
kecamatan, dsb
|
|
2. B. Indonesia
3. Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai
dengan agama yang dianutnya
|
· mendoakan orang yang
sakit beserta terjemahan bahasa Indonesianya
|
|||
5. Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu (T3)
|
-Siswa mampu
menjelaskan hasil bacaan/hasil simakan
|
|||
8. Mendengarkan isi berita dari televisi atau radio,
mencatat pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya secara tertulis
|
1.
Mencatat pokok-pokok berita
yang didengar
2.
Menjawab pertanyaan tentang isi berita yang
didengar (5W+1H)
3.
Mengembangkan pokok-pokok
berita menjadi cerita runtut dengan bahasa sendiri
|
|
||
14.Menyampaikan pesan atau informasi dari berbagai
media (cetak dan elektronik) dengan
bahasa yang runtut
|
4.
Mencari informasi dari
berbagai media yang diperlukan
5.
Mencatat pokok-pokok isi
pesan/informasi
6.
Menjawab pertanyaan tentang
isi pesan/informasi
7.
Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dengan
bahasa yang runtut dan komunikatif
|
|
||
12.Membaca teks tentang
berbagai peristiwa (gejala alam, pencemaran, perubahan iklim), mengajukan
pertanyaan, meringkas, dan mengajukan pendapat secara tertulis
|
-
Menyampaikan simpulan teks
-
Mengajukan pertanyaan dan pendapat
-
Meringkas teks
|
|
||
17.Menyusun naskah pidato atau sambutan (perpisahan,
ulang tahun, perayaan sekolah, dsb.)
|
· Menyimak isi pidato
· Mencatat hal-hal pokok isi pidato
· Menyimpulkan isi pokok pidao
· Menyampaikan kembali isi pidato dengan kalimat runtut dan bahasa yang
santun
· Menyusun pidato.
|
|
||
21. Melakukan penyelidikan sederhana dan menulis
laporan tentang perubahan bentuk energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan.
|
·
menentukan objek penyelidikan
·
Mengidentifikasi objek
·
Menulis data objek
·
Menyusun kerangka laporan
·
Menyusun laporan berdasarkan pengamatan
|
|
||
|
||||
3. MATEMATIKA
3. Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel
dan grafik
|
3.1.a menyebutkan jenis-jenis penyakit yang pernah
ditangani puskesmas
3.1.b mendaftar banyaknya penderita masing-masing
penyakit berdasarkan kampung atau waktu
3.2.a Menyajikan data tentang banyaknya
penderitra penyakit dengan menggunakan tabel
3.2.b Menyajikan data tentang banyaknya
penderitra penyakit dengan menggunakan grafik
|
.... jam pel X 35 menit
|
||
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus
dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
|
3.3 .a.
Menentukan rata-rata data yang diperoleh
3.3.b Menentukan median data yang
diperoleh
3.3.c Menentukan rata-rata data yang
diperoleh
3.3.d menjelaskan kecenderungan perkembangan banyaknya
penderita berbagai penyakit berdasarkan waktu
3.3.e menjelaskan kecenderungan
perkembangan banyaknya penderita berbagai penyakit berdasarkan tempat
|
....jam pel X 35 menit
|
||
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai
bentuk pecahan sesuai prosedur/aturan
|
3.4.a mengukur berat
badan
3.4.b mengukur tinggi badan
3.4.c menjelaskan
kriteria berat ideal
3.4.d menentukan kriteria
beratnya sesorang
|
Buku teks,
Media gambar,
LKS, majalah, koran, interne, lingkungan
|
....jam pel X 35 menit
|
|
4.
Seni budaya dan Design
4.1. Menggambar poster dengan menerapkan proporsi dan
komposisi berdasarkan pengamatan
|
· Menyebutkan bebrbagai jenis gambar
· Merancang gambar ilustrasi atau komik tentang
pencernaan dan peredaran darah
|
·
|
4 minggu
|
|
4.2. Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
|
·
Menyebutkan dan memperagakan teknik pernapasan dalam bernyanyi
·
Menyanyikan lagu-lagu wajib dengan teknik pernapasan yang benar
|
·
|
8 JP
|
|
4.3. Menyajikan tari bertema sesuai dengan rias dan
busananya mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan komposisi tari dengan
iringan
|
·
Sebelum
penyajian tari mengidentifikasi bahan dan alat make-up rias tari yang layak
dan tidak digunakan
·
Setelah
penyajian tari merawat busana tari sesudah dan sebelum digunakan
|
|
|
|
4.4. Menggambar poster dengan menerapkan proporsi dan
komposisi berdasarkan pengamatan
4.5. Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
4.6. Menyajikan tari bertema sesuai dengan rias dan
busananya mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan komposisi tari dengan
iringan
|
· Menyebutkan bebrbagai jenis gambar
· Merancang gambar ilustrasi atau komik tentang
pencernaan dan peredaran darah
· Menunjukkan bahan dan alat make up yang layak
digunakan
· Menggambar ilustrasi atau komik tentang
pernapasan
·
Menyebutkan dan memperagakan teknik pernapasan dalam bernyanyi
·
Menyanyikan lagu-lagu wajib dengan teknik pernapasan yang benar
· Menunjukkan bahan dan alat make up yang layak
digunakan
|
|
|
|
5.0 Menghargai tubuh sebagai
anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
· Melakukan lari santaijogging sesuai dengan aturan
· Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan serius sesuai dengan
irama
|
|
|
|
5.1 Memahami dan mampu
mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran (KI 4)
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep kebugaran,komponen,dan tes kebugaran jasmani
Aspek Psikomotorik
1.
Melakukan tes lari jarak 600 m
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
|
|
|
5.2 Memahami dan mampu memelihara diri dari
penyakit menular dan tidak menular
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep jenis dan macam penyakit .
Aspek Psikomotorik
Melakukan pencegahan penyakit
menular dan tidak menular
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
|
|
|
5.3 Memahami dan mampu
menghindarkan diri dari bahaya Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep zat adiktif, narkotik, macam-macamnya, dan cara untuk
menghindarnya
|
|
|
|
5.4 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan
kontrol yang baik melalui permainan
dan olahraga atletik dan atau
tradisional (KI 4)
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan variasi dan kombinasi gerak dasar berjalan, lari dan lompat
dan melempar.
Aspek Psikomotorik
1.
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerak dasar berjalan, lari
2.
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerak dasa lari dan lompat
3.
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerak dasar lari dan melempar.
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak
|
|
|
|
5.5 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotir, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil dan bola besar dengan kontrol
yang baik. (KI 4)
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan variasi dan kombinasi gerak dasar loko motor, non loko motor,
dan manipulatif
Aspek Psikomotorik
1.
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerak dasar loko motor dan non loko motor
2.
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerak dasar loko motor
dan manipulatif
3.
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerak dasar non loko motor dan manipulatif
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak .
|
|
|
|
5.6 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar untuk membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan variasi dan kombinasi gerak dasar kuda-kuda-pukulan.
torik
Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar
(kuda-kuda-pukulan-tangkisan ).
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak .
|
|
|
|
5.7 Mempraktikkan
keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam kecepatan tertentu*
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep teknik dasar renang gaya bebas (gerakan tungkai,
gerakan lengan, pernafasan dan koordinasi gerakan.
Aspek Psikomotorik
1. Memperagakan gerakan tungkai renang gaya bebas
2. Memperagakan gerakan lengan renang gaya bebas
3. Memperagakan pernafasan renang gaya bebas
4. Memperagakan koordinasi renang gaya bebas
Aspek Afektif
Menunjukkan perilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar